Penampilan Data Survey Lalulintas
Minggu ke XIII
| depan, mengikuti kaidah keselamatan, keamanan, ketertiban lalu-lintas di seluruh ruas jalan[1].
Keselamatan, keamanan, ketertiban
dan kelancaran lalu lintas kendaraan di jalan adalah tujuan utama pada sistem
transportasi di jalan. Tujuan tersebut dapat dipenuhi dengan adanya dukungan
rambu / kelengkapan jalan yang ditempatkan pada lokasi yang tepat diseluruh
ruas jalan.
Konsep dasarnya adalah bahwa pergerakan kendaraan
dalam sistem jaringan lalu lintas di jalan perlu dilengkapi alat kontrol dan
kendali terhadap seluruh lalu-lintas kendaraan lewat, berupa kesatuan jaringan
rambu dan kelengkapan jalan. Perubahan arah geometrik di jalan, horisontal
maupun vertikal, di dalam pola aliran lalu-lintas haruslah mendapat perhatian
serius para pengemudi kendaraan secara individual melalui kendali rambu dan
kelengkapan jalan, serta memperingatkan adanya kondisi bahaya potensial di
| depan, mengikuti kaidah keselamatan, keamanan, ketertiban lalu-lintas di seluruh ruas jalan[1].
Kelengkapan jalan/alat pengatur lalu lintas
kendaraan, sesuai Undang-Undang RI No. 14 /1992 tentang Lalu Lintas dan
Angkutan Jalan[2], terdiri atas:
1. Rambu :
Rambu Peringatan, Rambu Larangan, Rambu Perintah,
Rambu
Petunjuk, dan Papan Tambahan
2. Marka :
Marka Membujur, Marka Melintang, Marka Serong, Marka Lambang, Marka
Parkir, Marka Tempat Penyeberangan, Marka Larangan Parkir, Paku Jalan
3. Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas:
Lampu
Tiga Warna, Lampu Dua Warna, Lampu Satu
Warna Kelap – Kelip.
4. Alat Pengendali dan Pengaman :
Pagar
Pengaman (Guardrail), Patok, Delinator, Median, Pulau Lalu – Lintas.
5. Alat Pengawasan dan Pengamanan Jalan : Alat Penimbangan
6. Fasilitas Pendukung :
Trotoar, Tempat Penyeberangan, Tempat Parkir, Jembatan Penyeberangan,
Terowongan Penyeberangan, Halte, Tempat Istirahat, Penerangan Jalan.
Prinsip
dan pola dasar perlu diikuti pada
perancangan & pemasangan
1. Penafsiran / Interpretasi: Sederhana
& jelas , tidak membingungkan
2. Berkelanjutan: Berkelanjutan
sepanjang jalur rute & jaringan jalan.
3. Petunjuk/Peringatan awal : Cukup
waktu bereaksi/menanggapi
4. Dikenal : Arti setiap rambu/kelengkapan
jalan dikenal pengemudi
Manajemen rambu dan kelengkapan
jalan membutuhkan informasi yang lengkap, akurat, dan terkini mengenai kondisi
nyata di lapangan, kondisi geometrik dan lingkungan, serta titik lokasi
penempatannya.
Informasi yang lengkap, akurat,
dan terkini mengenai kondisi nyata rambu lalu lintas dan kelengkapan jalan di
lapangan, kondisi geometrik dan lingkungan, serta titik lokasi penempatannya
didapatkan dari survey inventarisasi. Survey yang metode pengambilan datanya
dilakukan secara konvensional pada jalan propinsi dan nasional sepanjang lebih
dari 4000 kilometer memerlukan waktu yang lama, sumber daya manusia yang
relatif banyak, dan melibatkan proses manual pada saat pencatatan posisi dan
kondisinya. Untuk itu dibutuhkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi
yang dapat membantu kegiatan survey inventarisasi rambu dan kelengkapan jalan
secara mudah, cepat, akurat, lengkap dan dapat diolah lebih lanjut untuk
memudahkan kegiatan-kegiatan manajemen lalu-lintas
Prosedur
yang dilakukan selama survey adalah :
1.
Survey dilakukan pada setiap ruas
jalan yang telah ditentukan dalam satu arah. Menentukan permulaan suatu ruas
jalan adalah dengan menggunakan Titik Referensi (Sesuai SNI 03-2842-1992
Tentang Tata Cara pelaksanaan Survai Titik Referensi Jalan). Titik referensi
adalah titik tetap yang ditentukan pada suatu ruas jalan yang digunakan sebagai
acuan (referensi) permulaan survey. Titik referensi pada dasarnya berupa
bangunan permanen, yaitu jembatan, persimpangan jalan, persilangan jalan dengan
rel kereta api, atau benda yang dianggap permanen, yaitu
paal kilometer, patok dan beton. Metode ini digunakan untuk menentukan
titik awal dan titik akhir dari satu ruas jalan.
GPS ANTENNA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
GPS
|
|
|
HANDYCAM
KIRI
|
|
|
|
HANDYCAM KANAN
|
||
|
|
|
|
|
|
|
RX
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
putih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
OUT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
hitam
|
INPUT 1
|
|
||
|
|
|
|
|
|
hitam +
|
ext. abu2
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INPUT 4
|
|
VIDEO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kuning
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TV OUT
|
|
|
|
MIXER
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NOTEBOOK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NOTE BOOK
|
|
|
|
|
QUAD
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
LAN
|
|
|
|
SERVER
|
|
|
|
|
||||
|
KIRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(KANAN)
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kuning
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AV
OUT
merah
INPUT 2
|
hitam
|
|
|
|
VIDEO IN
|
|
|
|
VIDEO
|
|
|
|
|
|
|
|
VHS
|
|
|
||
|
|
IN
|
|
|
|
|
TV MONITOR
|
|
merah
|
VIDEO
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
VIDEO
|
RECORDER
|
AUDIO
|
|
|
|
|
OUT
|
|
|
IN
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 2.
Diagram koneksi komponen-komponen survey
2. Observer
berada di sisi kiri pengemudi, bertugas :
a)
Membawa list penuh gambar-gambar
berwarna komponen perlengkapan jalan dan landmark yang telah diberikan
kode-kode.
b)
Memastikan penunjukan waktu di
video dan GPS tepat sama (hingga detiknya), dan memastikan perekaman video
mencantumkan juga perekaman waktu saat itu.
c) Menjaga
view kamera agar tetap pada sudut pandang yang konstan.
d)
Mengambil obyek-obyek
perlengkapan jalan dengan kamera video jika diperlukan
e)
Menjaga GPS receiver mendapat
sinyal satelit (minimal 3 buah sinyal) yang signifikan, serta mencermati jika
ada gangguan terhadap penerimaan oleh GPS receiver (lost satellite reception, low
battery).
f)
Mengawasi proses perekaman kaset
video HI-8 pada dua kamera video, agar penghentian (stop) perekaman video
(misalnya karena kaset video akan habis) dilakukan sebelum kaset benar benar
habis (periksa indikator di kamera video).
g) Membantu
navigasi driver
h)
Sebelum mobil berjalan, observer
melakukan dokumentasi mengenai awal perjalanan, awal koordinat bujur dan
lintang (dibaca dari layar GPS receiver), tanggal dan jam berangkat serta arah
yang dituju, ditulis di kertas, dan direkam ke kamera video sebagai awal score
board.
i)
Pada saat itu juga menggambar
lokasi awal ruas jalan yang akan disurvey, apakah berupa landmark, persilangan
kereta api, jembatan atau persimpangan jalan di balik score board.
j)
Sebelum mobil berjalan, setelah observer melakukan dokumentasi mengenai awal perjalanan, observer melakukan pengukuran lebar perkerasan jalan pada awal ruas jalan yang akan disurvey dan mencatatnya
Sebelum mobil berjalan, setelah observer melakukan dokumentasi mengenai awal perjalanan, observer melakukan pengukuran lebar perkerasan jalan pada awal ruas jalan yang akan disurvey dan mencatatnya
k)
Ketika akan mendekati rambu atau
obyek lain, memberi tahu terlebih dahulu akan adanya obyek tersebut, dan saat
kendaraan tepat berada di samping suatu rambu dan atau obyek lain yang
diobservasi, maka observer memberitahukan ke operator komputer kode / nomer jenis
obyek yang harus dimasukkan berupa titik awal atau titik akhir obyek memanjang
atau satu titik obyek saja. Setiap penekanan tombol, akan dicatat oleh notebook
PC disaat itu nilai koordinat hasil pembacaan GPS receiver, dan disimpan di
database. Di saat yang sama, secara terus-menerus notebook mencatat setiap
perubahan koordinat setiap detik oleh pergerakan mobil, yang jika
direkonstruksi akan menggambarkan bentuk garis perjalanan kendaraan survey.
l)
Jika ada obyek yang perlu difoto,
kendaraan berhenti, proses perekaman dua kamera video dan perekaman video VHS
di-pause bersamaan, observer keluar kendaraan dan memotret obyek dimaksud
m)
Pada saat akhir ruas (finish),
observer melakukan dokumentasi tentang tanggal dan jam akhir survey suatu ruas,
ditulis di kertas dan direkam ke kamera video sebagai akhir score board di
akhir suatu ruas
Komentar
Posting Komentar